Iklan

Top Ads

Space Iklan.
Senin, 22 Februari 2021, Februari 22, 2021 WIB
Last Updated 2021-02-22T20:59:12Z
BeritaBisnis

Boeing 777 Sedunia Dilarang Terbang, Garuda Pastikan Miliknya Laik Mengudara

Advertisement

 


Perusahaan pesawat terbang Amerika Serikat, Boeing, menyarankan penghentian pemakaian (grounding) pesawat model 777 di seluruh dunia, setelah salah satu pesawat model ini mengalami kerusakan mesin di Denver.


Maskapai Garuda Indonesia diketahui juga mengoperasikan Boeing 777. Meski demikian, Garuda Indonesia memastikan 10 armada B777-300ER yang dioperasikan perseroan, telah memenuhi kriteria laik terbang berdasarkan ketentuan aircraft maintenance manual di bawah pengawasan penuh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).


Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menegaskan bahwa armada B777-300ER yang dioperasikan Garuda Indonesia telah menjalani prosedur inspeksi kelaikan terbang sesuai manual manufaktur.


"Sebagai antisipasi, Garuda Indonesia juga telah menjalankan inspeksi khusus secara menyeluruh terhadap seluruh armada B777-300ER. Dari prosedur inspeksi tersebut, seluruh komponen pesawat dalam kondisi serviceable dan laik terbang. Hasil inspeksi tersebut juga telah kami sampaikan kepada DKPPU," ujar Irfan dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Senin (22/2).


Irfan menjelaskan, Armada B777-300ER milik Garuda juga berbeda dengan armada yang terlibat dalam insiden kecelakaan di Denver. Adapun pesawat B777-300 ER yang saat ini dioperasikan Garuda Indonesia menggunakan engine tipe GE90-115B buatan pabrikan General Electric.


Selain menjalankan prosedur inspeksi secara menyeluruh, Irfan mengatakan Garuda Indonesia juga menjalankan mekanisme perawatan secara berlapis dan end to end pada seluruh pesawat. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi pesawat dalam kondisi yang prima ketika akan terbang.

Irfan menegaskan pihaknya selalu berkomitmen menghadirkan layanan penerbangan yang aman dan nyaman. Untuk itu perseroan secara konsisten melakukan perawatan yang sesuai dengan standar safety manufaktur pesawat dan regulasi keselamatan penerbangan.

"Upaya menyeluruh dan berlapis yang kami terapkan dalam menjalankan prosedur inspeksi dan perawatan armada secara komprehensif tersebut dilakukan guna memastikan pesawat yang diterbangkan telah memenuhi standard kelaikudaraan sesuai regulasi yang berlaku serta guna menghadirkan layangan penerbangan yang aman dan nyaman kepada pelanggan setia Garuda Indonesia," tutup Irfan.